Cara Merubah Background Form dengan Latar Belakang Warna dan Image di VB6

Cara Merubah Background Form dengan Latar Belakang Warna dan Image di VB6 - Pada pertemuan kali ini Saya ingin membagikan sebuah trik yang sangat sederhana yaitu bagaimana cara merubah tampilan warna background form, baik dengan warna maupun dengan image atau gambar sehingga tampilan form tampak kelihatan lebih manarik.

Form adalah sebuah object yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan suatu objek diatasnya. Form juga merupakan sebuah module yang disebut juga dengan module form.Form dapat di ibaratkan sebagai kanvas untuk mendesain tampilan program aplikasi yang memilik titik-titik kecil atau grid dengan latar belakang berwrna abu-abu.Kitapun bisa merubah tampilan dengan background warna atau image dengan cara menekan tombol command.

Perubahan background ini mirip ketika kita merubah background pada Desktop komputer,dimana kita hanya dengan mengklik menu pada jendela yang di tampilkan. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut dibawah ini:

Cara Merubah Background Form dengan Latar Belakang Warna dan Image di VB6


1. Buka Form VB6 Anda
2. Tambahkan 2 CommanButton di Form dengan masing-masing Caption : "Background Warna" dan "Background Image"
3. Tambahkan sebuah komponen dengan menekan Tombol CTRl+T kemudian Anda cari komponen Microsoft CommonDialog Control 6.0 (SP6) cek list dan Applay
4. Setelah itu Anda tambahkan CommonDialog ke dalam Form
5. Ketiklah kode dibawah ini di 2 Commandbutton tersebut :

A. Berikut kode untuk merubah form dengan Background Warna

Private Sub Command1_click()
CommonDialog1.Flags = &H1&
CommonDialog1.ShowColor
Form1.BackColor = CommonDialog1.Color
End Sub

B. Berikut kode untuk merubah form dengan Background Gambar/Image

Private Sub Command2_click()
CommonDialog1.Filter="Bitmap|*.BMP|JPEG|*.JPG"
Form1.Picture = LoadPicture (CommonDialog1.FileName)
End Sub

6. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan Program

Catatan :
Form1 yang bercetak tebal sesuaikan dengan Form Anda.
- Apabila program sudah jalan tekan Tombol Background Warna kemudian akan muncul kotak dialog Warna, pilih warna yang sesuai untuk tampilan Form,maka form akan berganti warna sesuai pilihan.
- Begitupun Tombol Background Image tekan tombol tersebut maka akan keluar kotak dialog tempat penyimpanan Gamba/Image, kemudian pilih Gambar yang sesuai.

Demikian tip cara Cara Merubah Background Form dengan Latar Belakang Warna dan Image di VB6. Semoga ada manfaatnya selamat mencoba semoga sukses....

No comments: