Cara Membuat Animasi Label dengan Efek Pergantian Hitam dan Putih

Cara Membuat Animasi Label dengan Efek Pergantian Hitam dan Putih - Beberapa hari yang lalu kita sudah membahas cara membuat label berubah-ubah warna, sehubungan dengan tip kali ini Saya ingin membagikan trik yang tidak jauh berbeda dengan tip sebelumnya. Pada tip kali ini yang membedakan adalah dari segi perubahan warna dimana label yang kita buat kali ini hanya dua perubahan warna yaitu hitam dan putih.

Tip berikut ini berbeda dengan tip sebelumnya dengan tip berikut ini label yang semula berwarna hitam secara perlahan-lahan putih, sangat putih dan kemudian berubah lagi menjadi hitam. Proses perubahan warnanya sangat lambat dan justru itulah yang membuatnya sangat menarik.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam membuatnya:

Cara Membuat Animasi Label dengan Efek Pergantian Warna Hitam dan Putih

1. Letakan sebuah Label dan sebuah Timer pada Form Anda.
2. Atur properti masing-masing kontrol seperti berikut dibawah ini:

   Label1 Caption : VISUAL BASIC Font-Size :24
   Timer Interval  : 10

3. Agar proses perubahan warnanya terlihat lebih menarik, sebaiknya Anda merubah background Color pada Form Anda, caranya klik bagian Properti Backcolor dari jendela Properti Form, lalu klik tanda panah bawah (DropDown) muncul kotak dialog warna kemudian pilih Pallete, maka akan muncul jendela baru dan pilih warna yang sesuai yang Anda inginkan.
4. Langkah selanjutnya adaah menuliskan kode berikut pada jendela kode.
 
   Dim x As Integer
   Dim y AS Boolean

   Private Sub Timer1_Timer()
   if x > 255 then y = True
   if x < 1 Then y = False
   if y Then x = x - 10 Else x = x + 10
   Label1.ForeColor = RGB (x, x, x)
   End Sub

5. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan program.

Demikian tip Cara Membuat Animasi Label dengan Efek Pergantian Hitam dan Putih. Semoga bermanfaat.Selamat mencoba semoga berhasil.

 

No comments: