Cara Membuat Label Berubah-ubah Warna di VB6

Cara Membuat Label Berubah-ubah Warna di VB6 - Selamat pagi para pencinta tip dan trik visual basic,pada pertemuan kali ini saya ingin membagikan trik bagaimana menbuat label selalu berubah-rubah warna dengan menggunakan program visual basic 6.0. Dengan trik ini kita dapat membuat label lebih menarik yang nantinya bisa Anda buat di program Anda yang sudah jadi.

Jika sesuatu yang monoton dan membosankan dapat di ubah agar menjadi lebih menarik dan variatif, mengapa tidal dilakukan?,Label yang bisa berubah-ubah warnanya secara otomatis tentu kelihatan lebih menarik dari pada label yang biasa-biasa saja. Dengan menambahkan sedikit kode pada project yang Anda buat, label-label pada form bisa dibuat berubah-ubah warnanya. Jika Anda tertarik dan berminat silakan ikuti tip berikut ini.

Visual Basic sudah menyediakan suatu fungsi yang bernama RGB untuk keperluan tersebut. RGB sendiri adalah RED GREEN BLUE yang berfungsi untuk mengatur intensitas warna merah, hijau dan biru pada suatu object.

Bentuk umum dari RGB adalah eperti berikut :

RGB (Red As Integer, Green As Integer, Blue As Integer) As Long

 Dimana Anda bisa memasukan bilangan-bilangan bulat untuk menentukan intensitas setiap warna.Sebagai contoh Anda menginginkan object yang Anda buat berwarna merah tanpa campuran warna hijau dan biru, maka yang harus Anda ketikan adalah:

RGB(255, 0, 0)

Perlu Anda ketahui, bahwa angka 255 adalah angka untuk mendapatkan warna merah yang paling maksimum. Jika kurang dari 255 warnanya akan semakin tua bahkan jika terlalu kecil akan menjdai warna hitam.

Untuk keperluan mengubah-ubah warna, selain fungsi RGB kita juga memerlukan statement yang dinamakan Randomize (rnd) yang berfungsi untuk mengacak intensitas warna. Berikut dibawah ini adalah langkah pembuatannya :

1. Buka Form Visual Basic 6.0 Anda
2. Letakan sebuah Label dan sebuah Timer pada form
3. Kemudian Anda atur propertinya :

    Label1.Caption : Visual Basic
    Timer1.Interval: 100

4. Setelah itu tekan F7 untuk berpinadah ke jendela kode, lalu ketik kode dibawah ini:

   Private Sub Timer1_Timer()
   Label1.ForeColor = RGB (Rnd * 255, Rnd * 255, Rnd * 255)
   End Sub

5. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan program dan lihat hasilnya menarik bukan?

Catatan : Anda bisa merubah angka interval pada Timer untuk mengatur kecepatan perubahan warna. Semakin kecil angka interval semakin cepat dan sebaliknya semakin besar akan semakin lambat,Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Demikian tip cara Cara Membuat Label Berubah-ubah Warna di VB6, Semoga bermanfaat.Selamat mencoba semoga berhasil


1 comment:

T h e ./A r k e r said...

Kalo label nya doang yg kelap-kelip, gk ada caption nya bisa tidak min?