Cara Mengosongkan TextBox Yang Benar dan Efisien di VB6

Cara Mengosongkan TextBox Yang Benar dan Efisien di VB6

Pada artikel kali ini Saya akan berbagi trik yaitu Cara Mengosongkan TextBox Yang Benar dan Efisien di VB6. Textbox kosong di fungsikan untuk untuk mengisi sebuah teks dalam mode ketik pada suatu program saat program tersebut dijalankan.

Dahulu watu Saya awal kuliah saat mempelajari program VB6 saat mengosong sebuah Textbox saya mengetiknya secara manual satu perstu, padahal Textbox dalam form saya sangat banyak kalau saya mengetik satu persatu tentu hal ini sangat memakan waktu dan tidak efisien. Berikut gambar dibawah ini adalah cara saya mengosongkan Textbox yang tidak efisien dan tidak praktis :

Cara tidak efisien

Dari gambar diatas tentu tidak efektif untuk mengosongkan Textbox bagaimana jika Textbox yang Anda butuhkan sangat banyak?.Apakah harus ngetik satu persatu seperti gambar diatas.

Untuk itu bersama artikel ini saya akan memebagikan sebuah trik cara mengosongkan Textbox yang efektif di VB6. Berikut dibwah ini adalah kode yang saya akan bagikan kepada Anda :


Sub TeksKosong()

Dim TextboxKosong As Control

For Each TextboxKosong In Form1  'Form1 adalah form yang sedang digunakan

If TypeName(TextboxKosong) = "TextBox" Then

TextboxKosong.Text = ""

End If

Next


End Sub

Private Sub Form_Load()

Call TeksKosong

End Sub

Dengan menggunakan kode diatas berapapun jumlah Textbox anda di form akan di kosongkan secara otomatis tanpa mengetik satu per satu.

Demikinalah artikel dari saya cara Cara Mengosongkan TextBox Yang Benar dan Efisien di VB6, semoga artikel ini bermanfaat but kita semua.Amin

Selamat mencoba semoga sukses

No comments: