Cara Mengirim dan Menulis E-mail Via Form Visual Basic 6.0

Mengirim dan Menulis E-mail Via Form Visual Basic 6.0 - Kali ini tip dan trik akan memberikan sebuah tip yang tidak asing lagi buat kita yaitu cara mengirim dan menulis Email lewat form VB. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis marketing online mengirim dan menulis email adalah hal yang sudah biasa tetapi ada yang lebih luar biasa lagi bila Anda mengirm dan menulis  email di form visual basic.Yang menjadi pertanyaan.Bisakah hal itu dilakukan? jawabnya Bisa.Visual Basic menyediakan statement yang memungkinkan kita untuk memanggil suatu program melalui form VB. Statement ini dinamakan "SHELL".

Sebagai contoh  kita ingin memanggil Program Winfile.exe yang terdapat dalam Folder Windoows. Perlu Anda ketahui bahwa program tersebut adalah program yang akan memberikan tampilan Explorer dalam Windows.

Untuk memanggil WinFileExe dari form yang perlu Anda lakukan adalah :

1. Tambahkan sebuah CommandButton pada form Anda
2. Klik ganda tombol CommandButton tersebut untuk membuka jendela kode, setelah jendela kode terbuka ketikan kode dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
 Shell("C:\windows\winfile.exe") ' memanggil winfile.exe
 End sub

Perlu Anda ketahui bahwa statemen 'SHELL' tidak hanya berfungsi untuk memanggil program-program yang terdapat dalam hardisk Anda, tetapi statemen ini juga dapat digunakan untuk mengakses halam sebuah web.

Sebagai contoh, kita ingin memanggil website yahoo (www.yahoo.com) melalui form, maka yang Anda perlu lakukan adalah menambahkan sebuah commandbutton pada form, lalu pada jendela kodenya ketikan kode berikut dibawah ini:

Private Sub Command1_Click()
shell(start "http://www.yahoo.com")
End Sub

Selain itu, jika Anda ingin menulis Email, Anda dapat memanggil program e-mail yang terdapat dalam komputer Anda melalui form.Sebagai contoh misalnya kita ingin mengirim E-mail ke alamat "ina.iyah80@btinternet.com".Maka kita harus menambahkan sebuah commandbutton pada form, lalu ketik kode dibawah ini:

Private Sub Command1_Click()
shell(start " mailto:ina.iyah80@btinternet.com")
End Sub

Pada saat Anda mengklik command1, tidak hanya program email Anda yang muncul tetapi alamat ina.iyah80@btinternet.com juga akan muncul pada kotak tujuan (to)


Begitulah kira-kira penerapan stetement "Shell" pada VB.Selain pengiriman Email Anda juga bisa membuat tombol link ke Gmail.com dengan cara yang hampir sama misalnya shell("star http://gmail.com").

Sekian tip cara mengirim dan menulis Email di form visual basic 

No comments: