Cara Membuat Program Yang Harus Berjalan dengan Koneksi Internet di VB6

Cara Membuat Program Yang Harus Berjalan dengan Koneksi Internet di VB6 - Pernahkan Anda membuka suatu website sedangkan komputer tidak terkoneksi internet? atau ketika membuka koneksi terputus? atau tidak ada quoto?.Apa yang terjadi, tentunya tidak akan dapat menampilkan web yang kita tuju dan bahkan bisa menampilkan suatu pesan tertentu yaitu Error, kenapa demikian karena memerlukan suatu hubungan koneksi agar kita dapat tersambung ke Web yang kita tuju.

Maksud dari judul diatas adalah tip dan trik visual basic akan membuat sebuah Form atau Program yang harus berjalan  diatas sambungan koneksi internet, agar form yang kita buat di Visual Basic bisa berjalan dengan baik, apabila tidak ada koneksi internet maka akan muncul maka form tidak ditampilkan bahkan muncul pesan Error.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya mari simak langkah-langkah berikut dibawah ini:

Cara Membuat Program Yang Harus Berjalan dengan Koneksi Internet di VB6

1. Buka Form VB Anda
2. Tambahkan 1 buah Module, lalu ketik kode berikut di Module:

Option Explicit
    Private Const FLAG_ICC_FORCE_CONNECTION As Long = &H1
    Private Declare Function InternetCheckConnection Lib "wininet.dll" Alias "InternetCheckConnectionA" (ByVal lpszUrl As String, ByVal dwFlags As Long, ByVal dwReserved As Long) As Long
    
    Sub Main()
        If InternetCheckConnection("http://www.google.com/", FLAG_ICC_FORCE_CONNECTION, 0&) = 0 Then
            'Pesan Error jika tidak ada koneksi
            MsgBox "Untuk menjalankan Form ini Anda butuh koneksi internet!", vbCritical, "Error"
            End
        Else
            Form16.Show  'Form16 adalah Form yang akan muncul bila ada koneksi Internet,sesuaikan                                         'dengan Form Anda yang ingin dijalankan
        End If
    End Sub


3. Simpan Hasil pekerjaan Anda,eits... tunggu dulu jangan di jalankan atur star-up dengan cara klik  Project > ProjectProperties > Star-up: SubMain, lihat gambar dibawah ini:

4.Baru jalankan program Anda.

Penting:
  • Form16 yang bercetak tebal di kode adalah form yang akan muncul jika ada koneksi internet  (sesuaikan dengan form yang Anda inginkan).
  • kata http://www.google.com/ pada kode diatas adalah alamat acuan (pastikan ini ada).
Dmikian tip cara Cara Membuat Program Yang Harus Berjalan dengan Koneksi Internet di VB6. Selamat mencoba semoga berhasil.



No comments: