Cara Menyembunyikan Kursor Mouse di Visual Basic 6.0

Cara Menyembunyikan Kursor Mouse di Visual Basic 6.0 - Selamat malam sobat tip dan trik visual basic ketemu lagi kita di sekian kalinya. Tip kali ini adalah Cara Menyembunyikan Kursor Mouse di Visual Basic 6.0.

Siapapun pasti akan terkejut jika tidak melihat kursor mouse pada saat mengoperasikan komputer.Jika suatu saat Anda ingin terbebas  dari tangan-tangan jahil yang sering mengotak-atik komputer Anda, trik berikut dapat Anda pergunakan dengan program Visual Basic.

Visual Basic sudah menyediakan suatu fungsi yang dapat di gunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan  kursor mouse.Fungsi tersebut dinamakan ShowCursor.

Penggunaannya sangat mudah, karena Anda hanya tinggal memberikan nilai true atau false pada fungsi tersebut.Jika diberi nilai false, kursor akan menghilang.Sebaliknya jika diberi nilai true, kursor akan muncul kembali.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda praktekan secara langsung di visual basic Anda.Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatannya:

Cara Menyembunyikan Kursor Mouse di visual basic 6 :

1. Buka Form Standar EXE VB6
2. Letakan 2 Commandbutton pada Form.
3. Atur Properti Captionnya sesuka Anda, seperti dibawah ini :

 CommandButton1 dengan Caption "Sembunyikan Kursor" dan,
 CommandButton2 dengan Caption "Tampilkan Kursor".

2. Buka jendela module dengan mengklik menu Project, lalu Add Module.Setelah itu jendela module muncul, deklarasikan Function ShowCursor seperti berikut :

Public Declare Function ShowCursor Lib "user32" (ByVal bShow As Long) As Long

3. Kemudian buka jendela kode form dan ketikan kode bsperti berikut dibawah ini:

Private Sub Command1_Click()
Hasil = ShowCursor(False) 'menghilangkan kursor

End Sub

Private Sub Command2_Click()
Hasil = ShowCursor(True) 'memunculkan kursor

End Sub

4. Simpan hasil pekerjaan Anda, dan jalankan Program.

Ketika program sudah jalan klik tombol "Sembunyikan Kursor" kursorpun akan menghilang dari layar komputer Anda.Jika kursor mouse sudah menghilang lalu bagaimana cara mengklik "Tampilkan kursor" untuk memunculkan kembali? untuk menekan tombol "Tampilkan kursor",Anda cukup menekan tombol tanda panah ke bawah pada keyboard sehingga TabIndex yang sebelumnya menunjuk pada "Sembunyikan Kursor" berpindah ke "Tampilkan kursor".Kemudian tekan Enter

Sekian tip Cara Menyembunyikan Kursor Mouse di Visual Basic 6.0 . Selamat mencoba semoga berhasil.....

No comments: