Cara Menampilkan Kotak Dialog Find di Form Visual Basic 6.0

Cara Menampilkan Kotak Dialog Find di Form Visual Basic 6.0 - Setelah beberapa waktu lalu saya membuat tutorial cara menampilkan dan menyembunyikan taskbar kali ini Saya ingin memberikan tip bagaimana cara menampilkan kotak dialog Find. Kotak Dialog find merupakan kotak Dialog yang disediakan oleh windows yang berfungsi untuk mencari file didalam sistem windows.Seperti yang kita sdah kita ketahu bahwa visual basic banyak sekali menyediakan fungsi-fungsi untuk menampilkan tool-tool yang terdapat didalam windows, yang salah satu diantaranya adalah kotak dialog find

Untuk memunculkan kotak dialog Find File (pencari File) melalui form VB tidaklah sulit, kita hanya memerlukan sebuah fungsi yang dinamakan ShellExecute. Jadi kode ini berfungsi memunculkan kotak dialog find, agak berbeda dengan kode-kode untuk memunculkan kotak dialog yang lain.Lalu bagaimana cara menampilkan kotak dialog find di form VB?.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatannya:

Cara Menampilkan Kotak Dialog Find di Form VB:

1. Letakan  satu buah CommandButton pada form.
2.Tambahkan jendela Module pada Project Anda dengan mengklik menu Project, lalu pilih Add Module dan ketik kode dibawah ini didalam Module yang baru Anda buka:

Public Declare Function ShellExecute Lib "Shell32.dll" Alias "ShellExecuteA" (ByVal hwnd As Long, ByVal lpOperation As String, ByVal lpFile As String, ByVal lpParameters As String, ByVal lpDirectory As String, ByVal nShowCmd As Long) As Long


3. Kembali kita ke jendela form, buka jendela kode.Sebelum mengetikan kode, perlu Anda ketahui bahwa dalm contoh ini nama untuk tombol command1 adalah Command1.Kemudian klik ganda CommandButton1, ketikan kode berikut dibawah ini"

Private Sub Command1_Click()
Dim strPathToSearch As String
strPathToSearch = "C:\"
Call ShellExecute(Me.hwnd, "find", strPathToSearch, vbNullString, vbNullString, SW_SHOWNORMAL)
End Sub

4. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan Program,

Demikian tip cara Cara Menampilkan Kotak Dialog Find di Form Visual Basic 6.0. Selamat mencoba semoga berhasil......


No comments: