Cara Membuat Program Start-up di Visual Basic 6.0 secara Automatis

Cara Membuat Program Start-up di Visual Basic 6.0 - Assalamualaikum sahabat tip dan trik visual basic pencinta bertemu lagi diblog Tip dan Trik Visual Basic 6.0. Pada pertemuan kali Saya ingin memberikan Tip dan Trik bagaimana cara membuat program Start-up di VB 6.0 secara automatis.

Pernahkan Anda melihat dan memperhatikan suatu program yang berjalan secara otomatis dikomputer Anda, program ini muncul secara otomatis ketika kita menghidupkan komputer yang berjalan otomatis tanpa kita mengkliknya misal program anti virus atau virus itu sendiri karena di set menjadi Start-up. Salah satu contoh program Start-up adalah antivirus, saya memberi contoh disini Smadav. Ketika komputer kita hidupkan Smadav langsung aktif tanpa kita membukanya dan langsung menScan hardisk kita.

Kitapun dapat membuat program kesayangan kita untuk di seting menjadi Star-up, kita ambil contoh kita akan membuat Ms.Word menjadi program Start-up yaitu dengan cara membuat ShortCut-nya terlebih dahulu kemudian Cut program tersebut dan pastekan di folder Start-up yang ada di menu Start,caranya klik kanan Star-OpenAllUser-Program-Start-up-dan pastekan shortcutnya disiini (C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup),setelah Anda memasangnya pada saat Anda menghidupkan kembali komputer maka secara otomatis Ms.Word terbuka otomatis.Nah kira-kira seperti itulah Progran Start-up.

Tapi dalam tutorial kali Saya tidak memberikan trik seperti diatas tapi bagaimana membuat program start-up di visual Basic tanpa harus membuat shorcut terlebih dahulu.Di Visual Basic ini Start-up berjalan otomatis tanpa ada shortcut didalamnya.

Ok langsung saja langkah-langkah:

Cara Membuat Start-up di Visual Basic 6.0

1. Tanamkan sebuah CheckBox dalam form seperti gambar dibawah ini









2. Double klik CheckBox1 dan ketikan kode berikut :

Private Sub Check1_Click()
If Check1.Value = 1 Then
On Error Resume Next
s = Replace(App.Path & "\" & App.EXEName & ".exe", "\\", "\")
Set Reg = CreateObject("WScript.Shell")
Reg.RegWrite "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\" & App.EXEName, s
Check1.Caption = "Uncheck list untuk meghapus form ini dari Star-up"
Else
On Error Resume Next
Set Reg = CreateObject("WScript.Shell")
Reg.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\" & App.EXEName
Check1.Caption = "Check list untuk membuat form ini dari Star-up"
End Sub

3. Simpan hasil pekerjaan Anda dan buatlah file .EXE dengan cara klik File-Make Project-Pilih tempat penyinpanan dan tulis nama Filenya dan ok.seelesai

4. Setelah itu cari Nama file yang baru kita buat tadi menjadi .EXE kemudian jalankan (double klik).

5. kemudian Check list kotak kecil maka otomatis akan menjadi Program Start-up dan Unchecklist untuk menghapus progran Start-up.Silakan matikan komputer Anda dan hidupkan kembali,maka Form yang baru Anda buat akan berjalan otomatis tanpa kita buka.

Demikian tip Cara Membuat Program Start-up di Visual Basic 6.0. Selamat mencoba, semoga berhasil....


2 comments:

Andrew Malsar Sianturi said...

kalo tanpa check list gmana y gan?

han said...
This comment has been removed by the author.