Objek Objek Standar yang Ada di Visual Basic 6.0 dan Fungsinya (Part 1)

Objek Objek Standar yang Ada di Visual Basic 6.0 dan Fungsinya (Part 1)Pada pertemuan kali ini tip dan trik akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang objek-objek standar yang ada di Visual Basic 6.0. Maksud dari objek standar disini adalah objek yang biasa kita gunakan untuk membuat sebuah program yang kita tanamkan di dalam form. Objek tersebut secara standar berada di Toolbox yang sering kita pakai diantaranya adalah Label, TextBox, CommandButton dan lain-lain.
Ketika kita memilih sebuah objek misalnya kita akan memilih objek Lebel yang kita tanamkan di Form, maka ketika kita mengklik objek tersebut di form akan terdapat sebuah Properti di samping form yaitu properti Label yang berfungsi untuk memanifulasi objek tersebut (Label) diantara properti Label adalah misal (Name), Caption, Font dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya tentang objek standar mari kita akan bahas satu per satu lengkap dengan fungsi dan kegunaan propertinya :

A. Label


Label digunakan untuk menampilkan tulisan/teks dalam program, dan tidak dapat diubah oleh pengguna pada saat program tersebut dijalankan kecuali melalui kode program.

Keterangan mengenai kegunaan properti-properti yang ada di Label hampir sama dengan properti yang Saya sudah bahas sebelumnya diblog ini.

Berikut adalah Properti lainnya yang dimiliki Label yang belum Anda ketahui:

Properti
Kegunaan
Autosize Untuk menentukan apakah ukuran Label secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran tulisan didalamnya
BackStyle Untuk menentukan perilaku latar belakang Label (0-Transparant, 1-Opaque)
Caption Untuk menentukan/membuat tulisan pada Label di form
DragIcon Untuk menentukan ikon yang digunakan pada operasi drag and drop pada Label
DragMode Untuk menentukan modus drag and drop (0-manual, 1-Automatic)
Index Untuk menetukan nomor Index, jika Label merupakan Array
TolTipText Untuk menentukan tulisan tipis ketika mouse pointer berada diatas Label
Top Untuk menentukan jarak antara bagian atas Label dengan Form
UseMnenomic Untuk menentukan perlakuan tanda & ampersand sebagai access Key atau senbagai simbol & (False, True)
WordWrap Menetapkan apakah tulisan yang ada dalam Label akan disesuiakan dengan lebar Label secara otomatis atau tidak (False, True)


Untuk Event pada Label hampir sama yang Saya sudah tulis pada artikel sebelumnya.Sedangkan Event lainnya adalah :

Event
Keterangan
Change Terjadi ketika nilai properti Caption dari Label berubah


B. TextBox 


TextBox digunakan sebagai tempat bagi pengguna untuk memasukan teks atau mengubah teks pada saat program berjalan. Untuk Properti TextBox mengenai kegunaanya sudah hampir sama dengan yang Saya tuliskan dalam artikel sebelumnya.

Sedangkan utnuk properti lainya yang dimiliki Textbox adalah sebagai berikut :

Properti
Kegunaan
CauseValidation Untuk menentukan apakah Event validate diaktifkan ketika TextBox akan kehilangan fokus
HideSelection Untuk menentukan apakah Selection disembunyikan ketika TextBox kehilangan fokus
Locked Untuk menentukan apakh Teks yang ada dalam TextBox dapat diubah oleh pengguna atau tidak
MaxLength Untuk menentukan jumlah huruf maksimal yang dapat diketik di TextBox ( 0 - 65535)
MultiLine Untuk menentukan apakah tulisan TextBox dapat ditampilkan beberapa baris, serta mengenali penekanan tombol Enter (False, True)
PasswordChar Jika diisiskan sebuah karakter tertentu misalnya karakter * maka semua tulisan yang ada diTextBox kan berubah menjadi karakter tersebut
ScrollsBar Untuk menentukan Scrollbar pada TextBox, ini jika di set menjadi MultiLine True (0-None, 1-Horizontal, 2-Vertikal, 3-Both)
TabIndex Menentukan urutan TabIndex, 0 berarti TextBox pertama mendapat fokus ketikan tombol Tab ditekan,ini jika proiperti TabStop di set True
TabStop Untuk menentukan apakh TextBox dapat menerima fokus karena penekanan tombol Tab oleh pemakai (False, True)
Text Untuk menentukan/menuliskan tulisan yang ada di TextBox


Event
Keterangan
Change Terjadi ketika nilai properti Text dari kontrol TextBox berubah
Validate Terjadi ketika TextBox akan kehilangan fokus

C. CommandButton 


CommandButton digunakan untuk membuat tombol dalam Form. Berikut adalah Properti lainnya dari CommanButton :


Properti
Kegunaan
Cancel Untuk menentukan apakah commandbutton adalah perintah Camncrl untuk form tersebut, jika diset True maka tombol Esc akan mebangkitkan event Click
Default Untuk menentukan apakah CommandButton merupakan default Command untuk form tersebut, jika diset True penekanan tombol Enter akan membangkitkan event Click
MaskColor Untuk menentukan warna Bitmap yang kan dijadikan transparan, properti dapat digunakan jika picture berformat *.BMP dan properti UseMaskColor diset True
Picture Untuk menentukan gambar yang kan diletakan didalam CommandButton
Style Untuk menentukan Style yang digunakan pada CommandButton (0-Standar. 1-Graphical)
UseMaskColor Untuk menentukan apakah CommandButton dapat menggunakan MaskColor atau tidak


D.OptionButton


OptionButton digunakan untuk menampilkan beberapa pilihan dalam Form dengan mengaktifkan salah satu OptionButton saja. Agar dapat memilih lebih dari satu pilihan maka letak optionButton tersebut pada Frame yang berbeda. Berikut dibawah ini adalah Properti lainnya dari OptionButton :


Properti
Kegunaan
DisablePicture Untuk menentukan gambar yang ditampilkan ketika OptionButton disable (Enabled=False), ini jika Style diset menjadi Graphical
DownPicture Untuk menentukan gambar yang ditampilkan ketika option button dipilih (Value=True), ini jika Style diset True
Value Untuk menentukan nilai OptionButton (True = terpilih, False = tidak terpilih)


E. CheckBox 


CheckBox sebenarnya mirip dengan optionbutton, namun pada CheckBox pengguna dapat memilih lebig dari satu pilihan.Properti, Event, dan metode pada CheckBox hampir sama dengan OptionButton. CheckBox tidak memiliki event DblClick.Berikut Properti yang lain yang dimilki CheckBox :


Properti
Kegunaan
Value untuk menentukan nilai dari CheckBox (0-Unchecked, 1-Checked, 2-Grayed)


F. Frame 


Frame digunakan untuk menglompokan sejumlah objek dalam satu tempat. Pemakaian Frame yang paling sering adalah untuk menglompokan OptionButton.untuk Properti, Event dan Metode pada Frame hampir sama dengan yang sudah dituliskan dalan artikel objek lainnya.

Sekian dulu artikel tentang objek-objek Standar yang da di VB6.Nanti kita akan lanjutkan lainya karena masih banyak lagi diantaranya ListBox, ComboBox, Image, PictureBox, Line, Shape, HScrollBar, VSrollBar, Timer, DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox. Nantikan Objek Standar (Part 2) VB6 selanjutnya

No comments: