Memahami Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya - Pada pertemuan kali ini tip dan trik visual basic akan membahas tentang komponen komponen dasar yang ada di visual basic 6.0 diantaranya adalah class, objek, properti, form, metode, event dan lain-lain. Dalam pertemuan kali ini admin akan memhasanya secara singkat dari masing-masing objek tersebut. Objek yang dimaksud disini adalah bukan Objek Standar. Nanti kita kan membahasnya lain waktu apa saja objek standar itu. Kali ini kita akan membahas objek yang ada di visual basic 6.0 secara umum.
A. Mengenal Class dan Objek
Objek adalah cetakan/hasil instalasi dari class.Basnyak sekali Class yang ada di VB6 termasuk semua yang ada ditoolbox, yaitu Label, TextBox, Combobox dan lain-lain.
Setiap objek memiliki properti, event, dan metode sendiri.
B. Mengenal Properti
Prperti adalah sesuatu yang dimiliki oleh objek.Properti suatu objek berbeda-beda walaupaun berasal dari class yang sama.
Misalkan seorang bernama Ahmad.Ia adalah sebuah objek dari class manusia. Sebagaimana manusia Ahmad memiliki beberapa properti, yaitu nama warna kulit, berat badan dan lain-lian
C. Mengenal event
Event adalah suatu tindakan yang dikenakan terhadap objek. Contoh event yang dimiliki objek di VB6 adalah Click, Load, Validation dan lain-lain
Ketika sebuah event dipilih, visual basic otomatis membuat sebuah prosedur yang akan dikerjakan ketika event tersebut dikenakan pada objek yang dipilih
D. Mengenal Metode
Metode adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek.Contoh metode yang dimiliki objek adalah Show, Circle, Refresh dan lain-lain
E. Mengeanl Form
Form adalah sebuah objek yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan objek-objek laain diatasnya. Selain sebagai sebuah objek, form juga sebagai sebuah modul yang disebut modul form sebagaimana yang telah kita sudah bahas di artikel sebelumnya.
Form dapat diibaratkan sebagai kanvas untuk mendesai tampilan program aplikasi yang kita buat. Form memiliki titik-titik kecil (grid) yang berguna untuk menagatur posisi objek diatas form.
Berikut dibawah ini adalah Properti yang digunakan pada Form :
Properti
|
Kegunaan
|
(Name) | Untuk menentukan nama Form |
Appearance | Untuk menentukan tampilan form (0-Flat, dan 1-3D) |
BackColor | Untuk menentukan warna latar belakang form |
BorderStyle | Untuk menentukan bentuk border form |
Caption | Untuk menentukan/membuat tulisan yang akan tertera pada form |
DrawMode | Untuk menentukan mode penggambaran objek line dan Shape dalam form |
DrawStyle | Untuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik |
DrawWidth | Untuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik |
Enabled | Untuk menentukan apakah form dapat menerima event yang dibuat oleh pemakai, misal Click, MouseDown , MouseUp, dll |
FillColor | Untuk menentukan warna yang digunakan pada Shape, lingkaran, dan kotak yang dibuat dengan menggunakan grafik form |
FillStyle | Untuk menentukan corak yang dihasilkan pada Shape dalam form |
Font | Digunakan untuk menentukan jenis font atau huruf, ukuran, style, dll di dalam form |
FontTransparant | Untuk menentukan apakah teks atau grafik pada form apakah terlihat |
ForeColor | Untuk menentukan warna tulisan pada form |
Height | Untuk menentukan tinggi form |
Ikon | Untuk menentukan/menampilkan ikon yang digunakan di form |
Left | Untuk menentukan jarak kiri kontrol dari wadahnya |
MaxButton | Untuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Maximize ata tidak |
MDIChild | Untuk menentukan apakah form menjadi anak dari sebuah MDIForm atau tidak |
MinButton | Untuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Minimize ata tidak |
MouseIkon | Untuk menentukan bentuk ikon mouse ketika pointer diatas form |
MousePointer | Untuk menentukan pointer yang digunakan ketika pointer tersebut berada diatas form |
Moveable | Untuk menentukan apakah form dapat dipindah pindahkan atau tidak |
Palette | Untuk menetukan bentuk pallete, ini bisa digunakan bila diset Custom |
PaletteMode | Untuk menentukan palette yang digunakan |
Picture | Untuk menentukan gambar/grafik yang akan diletakan di form |
ScaleHeight | Untuk menentukan skala vertikel bagi interior form |
ScaleLeft | Untuk menentukan koordinat mendatar sisi form |
ScaleMode | Untuk menentukan satuan yang digunakan pada skala form |
ScaleTop | Untuk menentukan koordinat vertikal sisi atas form |
ScaleWidth | Untuk menentukan skala horizontal bagi interior form |
ShowInTaskbar | Untuk menentukan apakah form terlihat pada taskbar windows atau tidak |
StarUpPosition | Untuk menentukan posisi form saat muncul dilayar |
Tag | Digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang terkait dengan form tersebut |
Top | Untuk menentukan jarak atas form dari wadahnya |
Visible | Untuk menentukan apakah form tersebut dapat dilihat atau tidal (False dan True) |
Width | Untuk menentukan lebar form |
WindoeState | Untuk menentukan status visual form saat dijalankan (Normal, Minimized dan Maximized) |
Berikut adalah event yang sering bekerja pada form :
Event
|
Keterangan
|
Activate | Terjadi ketika form terbut aktif dilayar |
DblClick | Terjadi ketika pemakai melakukan doubel klik (klik dua kali).Urutan event itu adalah MouseDown, MouseUp, Click, MouseDown, MouseUp, DblClick, MouseUp |
GotFocus | Terjadi saat form mendapat focus |
KeyDown | Terjadi ketika pemakai mengetikan karakter pada form |
KeyPress | Terjadi setelah event Keydown, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, parameter yang digunakan adalah KeyAscii |
KeyUp | Terjadi setelah event KeyPress, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, urutan event ini adalah (KeyDown, KeyPress, KeyUp, Change) |
Load> | Terjadi ketika form di Load dilayar |
MouseDown | Terjadi ketika pemakai menekan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer) |
MouseMove | Terjadi ketika pemakai menggerakan miuse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer) |
MouseUp | Terjadi ketika pemakai melepaskan penekanan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer) |
Resize | Terjadi ketika ukuran form berubah |
Unload | Terjadi ketika form di-Unload (ditutup) dari layar |
Berikut adalah Metode yang dimilik oleh Form :
Metode
|
Keterangan
|
Hide | Metode yang digunakan untuk mnyenbunyikan form dari layar |
Move | Metode ini digunakan untuk memindahkan letak (koordinat Left, Top) Form maupun mengubah ukurannya (Height, Width) |
Refresh | Untuk mencetak ulang (refresh) form |
Show | Metode yang digunakan untuk menampilkan form dilayar |
Zorder | KUntuk menentukan order objek form, apakah diatas atau dibawah objejk lain |
Demikian penjelasan tentang Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya semoga dengan adanya artikel dapat membantu Anda mengetahui fungsi darin masing objek
No comments:
Post a Comment