Memahami Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya

Memahami Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya - Pada pertemuan kali ini tip dan trik visual basic akan membahas tentang komponen komponen dasar yang ada di visual basic 6.0 diantaranya adalah class, objek, properti, form, metode, event dan lain-lain. Dalam pertemuan kali ini admin akan memhasanya secara singkat dari masing-masing objek tersebut. Objek yang dimaksud disini adalah bukan Objek Standar. Nanti kita kan membahasnya lain waktu apa saja objek standar itu. Kali ini kita akan membahas objek yang ada di visual basic 6.0 secara umum.

A. Mengenal Class dan Objek


Objek adalah cetakan/hasil instalasi dari class.Basnyak sekali Class yang ada di VB6 termasuk semua yang ada ditoolbox, yaitu Label, TextBox, Combobox dan lain-lain.
Setiap objek memiliki properti, event, dan metode sendiri.

B. Mengenal Properti


Prperti adalah sesuatu yang dimiliki oleh objek.Properti suatu objek berbeda-beda walaupaun berasal dari class yang sama.
Misalkan seorang bernama Ahmad.Ia adalah sebuah objek dari class manusia. Sebagaimana manusia Ahmad memiliki beberapa properti, yaitu nama warna kulit, berat badan dan lain-lian

C. Mengenal event


Event adalah suatu tindakan yang dikenakan terhadap objek. Contoh event yang dimiliki objek di VB6 adalah Click, Load, Validation dan lain-lain
Ketika sebuah event dipilih, visual basic otomatis membuat sebuah prosedur yang akan dikerjakan ketika event tersebut dikenakan pada objek yang dipilih

D. Mengenal Metode


Metode adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek.Contoh metode yang dimiliki objek adalah Show, Circle, Refresh dan lain-lain

E. Mengeanl Form


Form adalah sebuah objek yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan objek-objek laain diatasnya. Selain sebagai sebuah objek, form juga sebagai sebuah modul yang disebut modul form sebagaimana yang telah kita sudah bahas di artikel sebelumnya.
Form dapat diibaratkan sebagai kanvas untuk mendesai tampilan program aplikasi yang kita buat. Form memiliki titik-titik kecil (grid) yang berguna untuk menagatur posisi objek diatas form.

Berikut dibawah ini adalah Properti yang digunakan pada Form :

Properti
Kegunaan
(Name) Untuk menentukan nama Form
Appearance Untuk menentukan tampilan form (0-Flat, dan 1-3D)
BackColor Untuk menentukan warna latar belakang form
BorderStyle Untuk menentukan bentuk border form
Caption Untuk menentukan/membuat tulisan yang akan tertera pada form
DrawMode Untuk menentukan mode penggambaran objek line dan Shape dalam form
DrawStyle Untuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik
DrawWidth Untuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik
Enabled Untuk menentukan apakah form dapat menerima event yang dibuat oleh pemakai, misal Click, MouseDown , MouseUp, dll
FillColor Untuk menentukan warna yang digunakan pada Shape, lingkaran, dan kotak yang dibuat dengan menggunakan grafik form
FillStyle Untuk menentukan corak yang dihasilkan pada Shape dalam form
Font Digunakan untuk menentukan jenis font atau huruf, ukuran, style, dll di dalam form
FontTransparant Untuk menentukan apakah teks atau grafik pada form apakah terlihat
ForeColor Untuk menentukan warna tulisan pada form
Height Untuk menentukan tinggi form
Ikon Untuk menentukan/menampilkan ikon yang digunakan di form
Left Untuk menentukan jarak kiri kontrol dari wadahnya
MaxButton Untuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Maximize ata tidak
MDIChild Untuk menentukan apakah form menjadi anak dari sebuah MDIForm atau tidak
MinButton Untuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Minimize ata tidak
MouseIkon Untuk menentukan bentuk ikon mouse ketika pointer diatas form
MousePointer Untuk menentukan pointer yang digunakan ketika pointer tersebut berada diatas form
Moveable Untuk menentukan apakah form dapat dipindah pindahkan atau tidak
Palette Untuk menetukan bentuk pallete, ini bisa digunakan bila diset Custom
PaletteMode Untuk menentukan palette yang digunakan
Picture Untuk menentukan gambar/grafik yang akan diletakan di form
ScaleHeight Untuk menentukan skala vertikel bagi interior form
ScaleLeft Untuk menentukan koordinat mendatar sisi form
ScaleMode Untuk menentukan satuan yang digunakan pada skala form
ScaleTop Untuk menentukan koordinat vertikal sisi atas form
ScaleWidth Untuk menentukan skala horizontal bagi interior form
ShowInTaskbar Untuk menentukan apakah form terlihat pada taskbar windows atau tidak
StarUpPosition Untuk menentukan posisi form saat muncul dilayar
Tag Digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang terkait dengan form tersebut
Top Untuk menentukan jarak atas form dari wadahnya
Visible Untuk menentukan apakah form tersebut dapat dilihat atau tidal (False dan True)
Width Untuk menentukan lebar form
WindoeState Untuk menentukan status visual form saat dijalankan (Normal, Minimized dan Maximized)


Berikut adalah event yang sering bekerja pada form :

Event
Keterangan
Activate Terjadi ketika form terbut aktif dilayar
DblClick Terjadi ketika pemakai melakukan doubel klik (klik dua kali).Urutan event itu adalah MouseDown, MouseUp, Click, MouseDown, MouseUp, DblClick, MouseUp
GotFocus Terjadi saat form mendapat focus
KeyDown Terjadi ketika pemakai mengetikan karakter pada form
KeyPress Terjadi setelah event Keydown, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, parameter yang digunakan adalah KeyAscii
KeyUp Terjadi setelah event KeyPress, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, urutan event ini adalah (KeyDown, KeyPress, KeyUp, Change)
Load> Terjadi ketika form di Load dilayar
MouseDown Terjadi ketika pemakai menekan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer)
MouseMove Terjadi ketika pemakai menggerakan miuse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer) 
MouseUp Terjadi ketika pemakai melepaskan penekanan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer)
Resize Terjadi ketika ukuran form berubah
Unload Terjadi ketika form di-Unload (ditutup) dari layar

Berikut adalah Metode yang dimilik oleh Form :

Metode
Keterangan
Hide Metode yang digunakan untuk mnyenbunyikan form dari layar
Move Metode ini digunakan untuk memindahkan letak (koordinat Left, Top) Form maupun mengubah ukurannya (Height, Width)
Refresh Untuk mencetak ulang (refresh) form
Show Metode yang digunakan untuk menampilkan form dilayar
Zorder KUntuk menentukan order objek form, apakah diatas atau dibawah objejk lain


Demikian penjelasan tentang Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya semoga dengan adanya artikel dapat membantu Anda mengetahui fungsi darin masing objek

No comments: