Cara Menonaktifkan Fungsi CTRL+ALT+DEL di Visual Basic 6.0

Cara Menonaktifkan Fungsi CTRL+ALT+DEL di Visual Basic 6.0 - Tip berikut adalah utuk menonaktifkan CTRL+ALT+DEL dengan tujuan pada saat tertentu mungkin kita tidak menginginkan orang lain secara sembarangan menekan tombol CTRL+ALT+DEL untuk menutup suatu aplikasi ataupun me-restart komputer. Tip berikut ini akan memeberitahukan kepada Anda bagaimana cara menonaktifkan tombol CTRL+ALT+DEL sehingga tidak bisa di akses oleh mereka yang bertangan jahil. Logika sebenarnya adalah memaksa window ke modus screenserver, sehingga seolah-olah window sedang menjalankan screenserver.

Tampilam programnya cukup sederhana, tetapi Anda bisa memodifikasi sendiri sesuai selera Anda, yaitu hanya menempatkan 2 buah CommanButton pada Form. Jika Anda menekan tombol DISABLE CTRL+ALT+DEL, tombol CTRL+ALT+DEL tidak akan menimbulkan reaksi apapun ketika di tekan, bahkan meskipun program sudah Anda tutup.Untuk mengaktifkan tombol CTRL+ALT+DEL Anda harus menekan tombol ENABLE CTRL+ALT+DEL.

Istilan CTRL+ALT+DEL atau yang di singkat dengan CAD yang bila ditekan secara bersamaan akan muncul perintah khusus tergantung dari suatu operating sistem.Sebenarnya Desainer pertama kali membuat fungsi CAD pada Ctrl+Alt+Esc untuk melakukan reboot komputer tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Sebagai catatan, tip ini tidak hanya berfungsi untuk menonaktifkan CTRL+ALT+DEL tetapi juga tombol ALT+TAB yang berfungsi mengecilkan (Minimize) jendela aplikasi.
Bagi Anda yang ingin membuat tip ini silahkan ikuti langkah-langkah dalam pembuatan programnya sebagai berikut :

Cara Menonaktifkan CTRL+ALT+DEL dengan Visual Basic 6.0

1. Buka Form Standar VB6 Anda
2. Letakan 2 buah CommandButon di Form, kemudian Anda atur properti masing-masing seperti dibawah ini :

   Form1                  Caption : CTRL+ALT+DEL
   CommandButton1 Caption : DISABLE CTRL+ALT+DEL 
   CommandButton2 Caption : ENABLE CTRL+ALT+DEL

3. Setelah itu Anda buka jendela kode dengan menekan tombol F7, pada bagian General -Declaration ketik kode dibawah ini:

Option Explicit
Private Const SPI_SCREENSAVERRUNNING = 97&

Private Declare Function SystemParametersInfo Lib "User32" Alias "SystemParametersInfoA" (Byval uAction As Long, Byval uParam As Long, lpvParam As Any, Byval fuWinIni As Long) As Long

Private Sub Command1_Click()
'Menonaktifkan
Dim lngRetVal As Long
Dim blnPrevValue As Boolean
lngRetVal=SystemParametersInfo (SPI_SCREENSAVERRUNNING, True,blnPrevValue,0&)
'menjalankan modus Screensaver
End Sub

Private Command2_Click()
'mengaktifkan kembali
Dim lngRetVal As Long
Dim blnPrevValue As Boolean
lngRetVal=SystemParametersInfo(SPI_SCREENSAVERRUNNING, False,blnPrevValue,0&)
'tidak menjalankan modus screesaver
End Sub

4. Setelah kode selesai di ketik simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan program

Sekian tip cara menonaktifkan tombol CTRL+ALT+DEL dengan menggunakan Visual Basic 6.0.Selamat mencoba semoga berhasil.....

No comments: