Cara Menampilkan Semua Jenis Font yang ada di dalam Komputer di Form Visual Basic 6.0

Cara Menampilkan Semua Jenis Font yang ada di dalam Komputer di Form Visual Basic 6.0 - Font merupakan bagian yang sangat penting didalam sebuah Aplikasi.Tanpa Font kita tidak akan dapat berkemunikasi dengan baik antara user dan program.Jenis font didalam komputer beraneka ragam, baik itu di Program MS.office maupun di program VB itu sendiri.

Sebelum kita lanjut ke tip mari kita simak pengertian dari pada font.Font adalah sejenis tampilan atau bentuk huruf yang di desain sedemikian rupa sehingga memnetuk jenis huruf yang unik, untuk menciptakan kesan tertentu guna kenyamanan membaca. Ada banyak sekali jenis font di bidang komputer bahkan Anda bisa menambahk jenis font yang di inginkan dengan mendapatkan sebuah CD intalasi untuk jenis-jenis font.

Pada pertemuan kali ini Saya akan bagikan trik bagaimana menampilkan semua jenis font yang ada didalam komputer untuk di tampilkan di form VB6. Berikut adalah cara-cara untuk membuatnya:

Cara Menampilkan Semua Jenis Font yang ada di dalam Komputer di Form Visual Basic 6.0

1. Buka Form Standar VB6 Anda dan tanamkan 1 ListBox di dalam form
2. Kemudian ketik kode dibawah ini di jendela kode :

Public Function LoadAllFonts(lst As Control)
    Dim i As Integer
    For i = 1 To 1000
        If Screen.Fonts(i) = "" Then Exit For
        lst.AddItem Screen.Fonts(i)
    Next i
End Function

Private Sub Form_Load()
LoadAllFonts List1
End Sub

3. Setelah itu simpan kode Anda dan jalankan program,jika berhasil maka akan langsung tampil jenis-jenis Font yang ada di komputer Anda di bagian listbox.

Demikian tip cara Cara Menampilkan Semua Jenis Font yang ada di dalam Komputer di Form Visual Basic 6.0. Sekian trik dari Saya semoga bermanfaat.

No comments: