Manipulasi String dan Karakter di Visual Basic 6.0

Sebelumnya Saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2016, sudah 2 bulan Saya tidak memberikan tip dan trik vb6.0 disini maklum karena kesibukan yang membuat Saya sempat terhenti beberapa bulan, pada pertemuan kali ini Saya ingin memberikan trik Bagaimana Memanipulasi string dan karakter.

String merupakan salah satu tipe data yang sangat penting, string disebut juga sebagai deretan/rangkaian karakter yang membentuk sebuah kata atau kalimat yang diawali dan diakhiri tanda (").

Berikut adalah beberapa cara untuk memanifulasi string yang ada di visual Basic 6.0:

'mengetik huruf besar setiap di awal kata:

Private Sub Text2_Change()
Text2.Text = StrConv(Text2, vbProperCase)
SendKeys "{end}"
End If

hasil :Aku Cinta Kamu


'mengetik dengan huruf kecil semua di textbox:

Private Sub Text3_KeyPress(KeyAscii As Integer)
KeyAscii = Asc(LCase(Chr(KeyAscii)))
End If

hasil= aku cinta kamu


'mengetik dengan huruf Besar semua di textbox:

Private Sub Text3_KeyPress(KeyAscii As Integer)
KeyAscii = Asc(UCase(Chr(KeyAscii)))
End If

hasil=AKU CINTA KAMU


'menghitung jumlah kata

a = Text1.Text
jumlahA = 1
For i = 1 To Len(Trim$(a))
If Asc(Mid(a, i, 1)) = 13 Or Asc(Mid(a, i, 1)) = 32 Then
jumlahA = jumlahA + 1
End If
Next i
Text2.Text = jumlahA
Text2.Text = Text2.Text

'menghitung jumlah spasi

teks = Text1.Text
aitem = Split(teks, " ")
nitem = UBound(aitem)
Text3.Text = nitem
Text3.Text = Text3.Text
Text4.Text = Len(Text1.Text)
Text4.Text = Text4.Text

'Menyorot text ketika fokus

Private Sub MaskEdBox2_GotFocus()
MaskEdBox2.SelStart = 0
MaskEdBox2.SelLength = Len(MaskEdBox2.Text)
End Sub

'Membalik String

Text1.Text=StrReverse("Aku Cinta Kamu")

hasil= ukA atniC umaK

'Menggabungkan String

Text1.Text="Aku "+"Cinta "+"Kamu"
hasil= Aku Cinta Kamu

'Mengulang String

Text1.text=String(5,"?")
hasil=?????

Menghitung Panjang String

Text1.text=Len({"Aku Cinta Kamu")
hasil=12

'Mengambil karakter tertentu di string dari kiri

Text1.tex=Left("Rahmawati",5)
hasil=Rahma

'Mengambil karakter tertentu di string dari tengah

Text1.tex=Mid("Rahmawati",4,5)
hasilt=mawat

'Mengambil karakter tertentu di string dari kanan

Text1.tex=Left("Rahmawati",4)
hasil=wati

'Mendapatkan kode Ascii dari Charakter

Text1.tex=Asc("N")
hasil=78

'Mendapatkan Charakter dari kode Ascii

Text1.tex=Chr("65")
hasil=A

'Hanya Angka yang bisa di input

Private Sub Text3_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If Not (KeyAscii >= Asc("0") And KeyAscii <= Asc("9") Or KeyAscii = vbKeyBack) Then
MsgBox "Hanya boleh di isi dengan Angka", vbOKOnly, "Perhatian"
KeyAscii = 0
End If

'Format Angka Rupiah

Text1.text=format(Text1.text,"Rp. ###,###,###")

Demikianlah beberapa cara untuk memanipulasi string yang ada di VB6.0, nanti kita akan teruskan tentang memanipulasi string yang lainnya di tunggu versi berikutnya. Terimakasi atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Berlanjut ke Manipulasi String berikutnya:Lanjutkan

No comments: