Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Taskbar di Visual Basic 6.0

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Taskbar di Visual Basic 6.0 - Selamat pagi menjelang siang sobat tip dan trik visual basic semuanya, ketemu lagi kita di tip dan trik unik Visual Basic, semoga sobat tip dan trik visual basic tidak bosan-bosannya mengikuti tip dan trik VB yang Saya berikan. Pada kesempatan kali ini Saya ingin memberikan tutorial Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Taskbar di form VB.

Bagi Anda yang sering bergelut di dunia komputer mungkin tidak asing lagi yang namanya Taskbar.Taskbar adalah Tampilan yang berbentuk batang yang terdiri dari deretan Aplikasi yang sedang kita gunakan yang terletak dibawah layar yang terdapat tombol Star.Setiap aktifitas kita berhubungan dengan Taskbar,dengan adanya Taskbar waktu yang diperlukan untuk memanggil suatu program menjadi lebih singkat.

Seperti yang kita ketahui, melalui pengaturan propertinya kita dapat menampilkan Taskbar secara terus menerus dengan mengosongkan option Auto hide dan juga menyembunyikan tampilannya,jika tidak aktif dengan memberi tanda centang pada option Auto hide.Namun dengan cara tersebut, hilangnya tampilan Taskbar tidak bersifat permanen, karena jika Anda menggerakan kursor ke lokasi Taskbar, Taskbar akan tampil kembali. Jika suatu saat Anda mempunyai keinginan menyembunyikan Taskbar secara permanen Anda perlu memepraktekan tip berikut ini.Tip yang Saya berikan membuat Anda berkuasa penuh atas tampilan Taskbar, karena anda dapat menempilkan dan menyembunyikan Taskbar sesuka hati Anda tanpa orang lain tau.

Fungsi yang digunakan untuk keperluan ini adalah Function SetWindowPos dan Function FindWindow yang terdapat dalam Visual Basic, dimana kedua fungsi tersebut harus di deklarasikan pada level module.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya :

Cara Menampilkan dan Menyembuyikan Taskbar:

1. Letakan 2 buah CommandButton pada form, kemudia atur properti Captionnya,untuk CommandButton1 ubah Captionnya: "TAMPILKAN TASKBAR" dan untuk CommandButton2 ubah Captionnya menjadi "SEMBUNYIKAN TASKBAR".

2. Selanjutnya tambahkan sebuah Module dengan cara klik menu Project, kemudian pilih Add Module, lalu ketikan kode dibawah ini didalam Module

Declare Function SetWindowPos Lib "user32" (ByVal hwnd As Long, ByVal hWndInsertAfter As Long, ByVal x As Long, ByVal y As Long, ByVal cx As Long, ByVal cy As Long, ByVal wFlags As Long) As Long
Declare Function FindWindow Lib "user32" Alias "FindWindowA" (ByVal lpClassName As String, ByVal lpWindowName As String) As Long
Public Const SWP_HIDEWINDOW = &H80
Public Const SWP_SHOWWINDOW = &H40

3. kembali ke jendela form buka jendela kode dan ketikan kode dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
Dim rtn As Long
rtn = FindWindow("Shell_traywnd", "")
Call SetWindowPos(rtn, 0, 0, 0, 0, 0, SWP_SHOWWINDOW)
Command2.Enabled = True
Command1.Enabled = False
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Dim rtn As Long
rtn = FindWindow("Shell_traywnd", "")
Call SetWindowPos(rtn, 0, 0, 0, 0, 0, SWP_HIDEWINDOW)
Command2.Enabled = False
Command1.Enabled = True
End Sub

4. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan program, maka hasilnya kan tampak pada gambar dibawah ini:

Cara menampilkan dan menyembunyikan taskbar di VB









Setelah Anda mengklik sebuah tombol, misalnya tombol Tampilkan taskbar secara otomatis tombol tersebut menjadi tidak aktif.Dan jika kemudian Anda mengklik tombol sembunyikan taskbar , tombol tampilkan taskbar akan aktif kembali, sedangkan tombol sembunyikan taskbar akan menjadi tidak aktif. Dan perlu Anda ketahui bahwa efek dari program tersebut akan tetap terlihat meskipun program Anda sudah tutup.

Jadi jika Anda berinisiatif untuk menyembunyikan tampilan taskbar dengan program ini untuk memunculkan kembali juga harus melalui program ini.Jangan harap Anda dapat memunculkan taskbar yang Anda sudah sembunyikan melalui jendela Taskbar properties.

Demikian tip Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Taskbar di Visual Basic 6.0. Selamat mencoba semoga berhasil.

No comments: