Cara Membuat Form dengan Efek Ledakan di VB6

Cara Membuat Form dengan Efek Ledakan di VB6 - Masih di tip dan trik VB6, Ok kita lanjutkan tip berikutnya.Sebelumnya tadi Saya sudah memberikan trik bagaimana cara membuat Form dengan efek bergetar dan kali ini Saya akan membuat efek form yang seolah-olah meledak.Tapi jangan merasa khawatir dulu efek ledakan tidak seperti apa yang Anda bayangkan seperti layaknya b*m,bukan.Bukan seperti itu!!.

Form yang dimaksud seperti ledakan ini pada saat diload awalnya kecil lama kelamaan bertambah besar seperti balon di tiup dan akhirnya jger....!!! menghilang, lalu timbul form aslinya. Lalu kita tekan tombol CommandButton "Tekan Efek " form akan timbul lalu lama-kelamaan bertambah kecil dan akhirnya jger....!! menghilang Close dengan sendirinya.

Dengan menggunakan tip ini tentu penampilan form yang Anda buat akan tampil lebih menarik lagi, sehingga kita tidak monoton dengan form yang itu-itu saja. Dalam pembuatan efek ini sangatlah mudah hanya memerlukan 1 buah commandbutton dan beberapa baris kode. OK dari pada Saya cerita panjang lebar yang membuat saya cape , langsung aja praktekin dengan langkah berikut dibawah ini :

Cara Membuat Efek Ledakan pada form:

1. Tanamkan 1 buah CommandButton pada form Anda ganti Captionnya disini saya mengganti menjadi : "Tekan Efek" terserah Anda Captionnya
2. Lalu buka jendela kode kode dan ketikan kode dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
Call ImplodeForm(Me, 30000)      'Ganti '30000' di bawah dengan kecepatan dari efek ledakan form.
  End
  Set Form6 = Nothing
End Sub

Private Sub Form_Load()
Call ExplodeForm(Me, 30000)  'ledakan form
End Sub

Private Sub Form_QueryUnload(Cancel As Integer, UnloadMode As Integer)
  Call ImplodeForm(Me, 20000)   'pengembalian form
End Sub


3. Simpan hasil pekerjaan Andadan jalankan Prigram dengan F5, lihat hasilnya.

Demikian tip Cara Membuat Form dengan Efek Ledakan di VB6. Selamat mencoba semoga behasil.....

No comments: