Bagaimana Memecah Pesan pada Message Box menjadi beberapa Baris

Memecah Pesan pada Message Box - Apa kabar semua sahabat tip dan trik visual basic, kali ini Saya akan membuat Tutorial Bagaimana cara memecah baris pada MessageBox. Sebelum kita membuat tutorial tantang messagebox kita harus tau apa itu messagebox pada VB.

Dalam suatu aplikasi, user sering di hadapkan pada beberapa kotak dialog yang berfungsi untuk menampilkan suatu pesan atau untuk memasukan sesuatu data agar dapat di proses lebih lanjut.MessageBox termasuk kedalam kelompok kotak Dialog, sedangkan kotak dialog itu sendiri terbagi menjadi 3 kotak dialog yaitu Kotak Dialog Standar (MesageBox), MessageBox Windows API dan Kotak Dialog Input Box.Kita akan bahas satu persatu tentang pengertian ketiga kotak tersebut :

1. Kotak Dialog Standar (MessageBox)  adalah sebuah kotak dialog yang tampil untuk memberikan     keterangan/pesan sebagai akibat dari sebuah event yang dilakukan oleh  user,  kira-kira begitulah
    pengertian MessageBox.
2. Messagebox Windows API,  Messagebox ini tidak jauh berbeda dengan messagebox Standar
    hanya     saja messagebox windows API ketika di Run, program yang lain tetap berjalan atau tidak
    berhenti sedangkan messagebox standar ada beberapa program yang sedang berjalan akan berhenti.
3. Kotak Dialog Input Box merupakan kotak dialoh yang meminta user untuk memasukan suatu
    nilai teretentu kemudian di proses

Sekarang kita kembali ke tutorial, kali ini kita akan membahas messagebox standar ketika kita ingin membuat suatu program kita harus membuat program tersebut lebih interaktif  salah satu caranya adalah dengan menggunakan Messagebox yang berisi pesan tertentu kepada user. Kadang adapula seorang programer menepatkan pesan terlalu panjang sehingga kotak dialog tersebut akan semakin besar ukurannya karena mengikuti teks tersebut.Oleh karena dengan kasus tersebut maka kita mempunyai solusi yaitu dengan memecah baris pesan menjadi beberapa baris. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara memecah pesan pada message box agar dapat tampil beberapa baris.Bagaimana jika pesan pada message box yang sangat panjang tentu sangat banyak memakan tempat dan tidak sedap di pandang mata.

Bagi para pembaca yang sudah mencoba menampilkan messagebox yang teksnya sangat panjang mungkin sudah tahu bahwa message box secara otomatis akan memecah pesan tersebut dalam beberapa baris dan pesan tersebut akan terpecah apabila ukurannya yang sudah sangat panjang, hal itu tentu saja cukup mengganggu,oleh karena itu kita perlu mempelajari trik ini.

Untuk menampilkan pesan yang sangat panjang pada messagebox menjadi beberapa baris, Anda hanya menggunakan konstanta vbCRLF dimana dalam penggunaannya harus di apit tanda +.

Cara Memecah Baris Pesan pada MessageBox :

1. Buka Form Baru dan tanamkan sebuah CommandButton pada form lihat seperti gambar dibawah
    ini :
2. Buka jendela kode, lalu ketikan kode berikut dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
 MsgBox "Tampilan Teks Pesan ini" + vbCrLf + "Akan Terlihat" + vbCrLf + "Sebanyak 3 Beris"
End Sub

3. Kemudian jalankan program dengan menekan tombol F5, setelah itu klik Command1 maka akan
    tampil pesan berikut seperti dibawah ini:

Kira-kira seperti itulah tampilan mesaggebox yang kita sudah pecah barisnya menjadi 3 baris tapi terserah Anda akan memcah menjadi beberapa baris tergantung panjang teks pesan pada messagebox yang Anda buat.

Sekian tip  Memecah Pesan pada Message Box menjadi beberapa Baris di VB6.Selamat mencoba semoga sukses.

No comments: